Tidak Ada yang Kebetulan.

Pic 1  Illustration of people coming and going.


 Assalamu'alaikum.

Hellaw, it'll be my 1st post this year. Udah lama yaa engga nulis blog lagi. Hope u all r doing fine.

Tiba-tiba hari ini pingin cerita tentang orang-orang yang pernah come and go di kehidupan aku. Yep, people come and go, but memories stay, they said. Tapi menurutku lebih tepatnya "people come and go, but the lessons stay". 

Beberapa orang memasuki kehidupanku. Ku kira dia akan menetap, ternyata ada yang lebih membahagiakan dibandingkan menetapnya seseorang. Pembelajaran, ilmu baru, pengalaman hidup baru. 

Berbagai jenis manusia dengan segala karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya secara tak sadar mampu mengisi ruang-ruang yang kosong dalam diri kita. Hal-hal yang sebelumnya kita tak tahu, ataupun sudah kita tahu namun belum kita sadari betul. Lambat laun ruang-ruang kosong dalam diri ini akan menjadi penuh dikarenakan seuatu yang mereka lekatkan pada diri kita ketika dia datang kepada kita. 

Pada awalnya tak jarang ku selalu berprasangka kurang baik pada Tuhan, like "yaAllah kenapa Engkau datangkan orang yang kemudian dia akan pergi meninggalkan aku? (dalam perkara ini adalah perihal jodoh hehe). karena hal itu hanya meninggalkan perasaan sakit hati".

Seperti dua mata sisi koin. Siapa sih yang tidak sedih ketika ditinggalkan oleh seseorang yang sudah lama menetap? Segala kebiasaan, kenyamanan, kemudian lenyap seketika. Sedih itu pasti. Namun cobalah melihat sisi yang lain, sisi koin yang berikutnya. Ada nilai yang bertambah di diri kita sebelum dan setelah kita mengenal orang tersebut. Dan sekiranya Allah ingin menambah nilai yang lain di diri ini, oleh karena itu Allah ingin mendatangkan orang baru yang memiliki nilai baik lagi untuk mengisi kekosongan dalam diri.

Setiap siapa saja yang kita temui ada kebaikan yang bisa kita ambil. Allah tidak mempertemukan seseorang dengan kebetulan saja. Jadi lihatlah dari perspektif yang lebih luas dan lebih baik. Semoga Allah selalu menjadikan kita orang-orang yang mendapatkan taufik dan hidayah-Nya.


Wassalamu'alaikum.

You Might Also Like

0 comments