Biar Kayak Orang-orang : Pengalaman ber-SBMPTN 2014 (1)

Assalamu'alaikum....
Sebenernya SBMPTN itu sudah berlalu kira-kira 6 atau 5 bulan yang lalu, tapi tadi pas buka G+ aku ngeliat ada seorang teman yang membagi cerita sbmptnnya. Jadi "biar kaya orang-orang" aku juga pingin nyeritain pengalaman ini juga. Hehehehe.

Ehem.
Tahun lulusan 2014 (angkatan aku), jalur penerimaan mahasiswa baru itu ada 3: SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri (untuk beberapa PTN). Jalur SNMPTN pas angkatan aku semua siswa SMA lulusan 2014 boleh ikut. Aku mencoba jalur masuk PTN yang pertama itu dengan bermodalkan nilai raport yang pas-pasan dan sekolah yang gak punya nama apa-apa. Keadaan hati yang masih "gak sadar diri" membuat aku memasukkan UI menjadi pilihan pertama kemudian disusul PTN yang ada di Jatinangor (sebut saja dia UNPAD). Pakai almet kuning dengan makara biru udah jadi cita-cita aku sejak kecil, keinginan itu dikuatkan dengan melihat ibu yang seorang alumni Teknik Mesin UI'85.
Karena aku tau modal SNMPTN-ku itu sungguh pas-pasan binggo, aku sadar aku harus kerja keras untuk mempersiapkan SBMPTN. Selesai UN, aku ikut super intensif NF yang sebulan itu. Jadi setiap hari kerjaannya TO-Bahas-TO-Bahas teruuuuus terusan gitu gitu mulu sampe tanggal test SBM itu tiba.
Oiya ada yang ketinggalan.
.
.
.
.
.
Aku udah sadar susahnya masuk PTN itu dari tweet-tweetnya teh Riris (mahasiswi Sastra Perancis UNPAD'12, pembimbing aku, sang motivator cantik aku untuk rajin belajar, padahal beliau gamau dibilang motivator, kalo kepo bisa difollow @rizkydea. baca tumblr-nya juga boleh, tapi aku lupa apa. search di google dewek ya :p). Teh Riris selalu nampar kita-kita untuk rajin belajar buat UN dan SBM lewat tweet-tweetnya itu. Kesel emang disindir, tapi kalau orang disindir kesel itu kan berarti emang bener, kan? Hahaha.
Aku juga belajar dari zenius education, sang pelopor belajar masa kini, eaaa. Zenius itu ngajarin aku gimana ngerjain soal luar biasa pake cara yang luar biasa. Disitu tuh aku kenal postulat-postulatnya Sabda yang kece parah. Asli, mate jadi gampang kalo pake postulatnya Sabda ! Kalau mau tau lebih lanjut tentang zenius bisa diklik https://zenius.net/ /promosi/
.
.
.
.
Lanjuuut.
Tanggal berapa yak, pokoknya Mei gitu, pengumuman SNMPTN itupun tiba. Hahahahahahaha gak lolos hahahahahahaha. Udah ketebak siih, nilai standar+milih PTN muluk-muluk+milih PTN bukan di daerah SMA=gak lolos =)). Sedih sih, terpukul abis. Iyalah, gimana gak sedih yang laen udah pada hura-hura di twitter, da kita mah apa atuh masih masuk les, masih belajar.
Jalur kedua: SBMPTN. Jalur tes. Yang ikut bukan hanya angkatan'14 tapi angkatan '13 dan '12 juga yang udah berpengalaman. Kakak ronin bagi aku itu musuh yang sangat menakutkan. Di NF nilai nasional aku pasti selalu dibawah kakak ronin, ya emang jurusan yang aku pilih gak sama sih. Tapi tetep aja intinya kakak ronin itu pinter2 semua >.<
Setelah aku gak lolos SNMPTN itu sempet ngebuat aku jadi males-malesan belajar, jadi gak berselera makan soal-soal susah di buku SInya NF. Parah yak, harusnya mah malah makin getol belajar tapi ini malah males-malesan. Tapi gak lama kok, setelah beberapa hari itu aku bangkit lagi /soksokan/.
Selama aku SI , aku sadar MASUK PTN BAGUS GAK SEGAMPANG KITA NGUPIL. Ada kalanya nilai nasional aku naik, trus turun lagi. Mana selama TO gapernah lolos ITB, kan sakit. Modal nekat doang itu milih ITB, berharap pas SBMPTN lagi lucky =')).
Hari terakhir bimbel, pas kimia, kata-kata kakaknya yang sampai sekarang aku inget kira-kira seperti ini "nanti, kalau kalian udah kuliah terus mulai bosen dan males-malesan, kalian harus inget gimana perjuangan kalian untuk mendapat jurusan dan PTN kalian itu".

Tanggal 17 Juni 2014 (kalau gasalah).
Test SBM-pun tiba. Aku kebagian test di SMPN 99 Jaktim. Yang aku paling inget, hari itu, adalah hari terpagi aku mandi (tapi sekarang udah engga, pas mpkmb mandi jam 4 kok).  Jam 6 aku udah sampai sana, trus cus cari ruangan. Belum boleh masuk tapi, masih dikunci. Takut ada yang nulis rumus kali ya. Pas nunggu itu, ibu ngobrol sama orangtua seorang peserta SBM cowo. Pas itu anaknya itu bolak balik kamar mandi. Dia dianter sama kedua ortunya. Katanya dijalan mereka kejebak macet parah, rumah dia di Tangerang tapi testnya di Jakarta. Udah sih itu doang yang aku denger /sumpah gak penting/.
Selama nunggu pintu itu terbuka, biasa, peserta-peserta yang lain pada bahas soal. Ngebahas fisika tentang tekanan gitu deh. Sebenernya rada males sih sama orang yang masih bahas pelajaran pas udah mau tes, bikin parno.
Test pertama itu saintek (mafiabio). Alhamdulillah lah, kimianya gak bisa hahahaha parah binggo, milih jurusan kimia tapi kimianya ngisi cuma 4. Malah yang pas TO mate IPAnya susah, pas test malah gampang. Fisikanya relatif laah. Bionya lumayan, tapi gatau deh isinya bener atau engga.
Setelah test, istirahat, terus lanjut TKPA. Oiya pas 2014 TPA sama TKDU digabung gitu jadinya TKPA, makanya aku test cuma sehari, biasanya kan 2 hr. Ya Allah, bener-bener deh itu pas test yang kedua, ngantuuuuuuuk banget. Rasanya pingin tidur aja, udah merem melek banget. Gatau deh apa itu yang diisi. Apalagi pas TPA yang harusnya pakai konsentrasi penuh malah ngantuk begitu. Padahal mah kemarin tidurnya gak larut. Mana matdasnya lebih susah dari matIPA, biasanya matdas itu lumayan. Cuma pasrah doang lah.


Bersambung.....

You Might Also Like

5 comments

  1. Salam kenal kak.. Aku juga baru ikut sbmptn tahun ini.. but pengalaman buat ngerjain tkpanya ngantuk persis kayak cerita kakak.. padahal tidur JAM 8.. haha.. semoga sukses terus deh apapun yang kita dapatkan nanti.. Have a nice day! <3

    ReplyDelete
  2. Hai sesama pejuang SBMPTN 2015 :) haduh gada kerjaan banget dan ga sabar nungguin pengumuman sbm, gini deh kerjaannya tiap hari: baca pengalaman senior HAHA

    bener banget! Pas malemnya ga bisa tidur eh pas ujian jadi bisa tidur (parah). Let's just hope for the best ya buat tgl 9 Juli nanti (tinggal 10 hari lagi loh) ;)

    ReplyDelete
  3. Hai sesama pejuang SBMPTN 2015 :) haduh gada kerjaan banget dan ga sabar nungguin pengumuman sbm, gini deh kerjaannya tiap hari: baca pengalaman senior HAHA

    bener banget! Pas malemnya ga bisa tidur eh pas ujian jadi bisa tidur (parah). Let's just hope for the best ya buat tgl 9 Juli nanti (tinggal 10 hari lagi loh) ;)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. istilah2nya kaya SL, NF, ga ngerti aku :3

    ReplyDelete